Tuesday, January 19, 2016

Agen Bandar Poker  - Aktivitas erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Rabu (20/1/2016) semakin menunjukkan peningkatan. Letusan yang terjadi hingga melontarkan material batu sejauh hampir satu kilometer.

Gunung Bromo (Okezone)
Erupsi Gunung Bromo - Bet2Poker


Berdasarkan pengamatan  Pusat Vulkanologi Metigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pantau Gunung Bromo di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, aktivitas letusan terjadi sebanyak 22 kali dengan amplitudo maksimal 22-35 milimeter. Asap kelabu pekat terlihat menjulang hingga setinggi 1.500 meter dari puncak kawah, dan cenderung mengarah ke barat daya atau kawasan Malang.

Selain mengeluarkan abu vulkanik, gunung ini juga melontarkan kerikil dan batu hingga sekira satu kilometer, yang sebelumnya hanya sekira 500 meter. Meski begitu, lontaran material kerikil dan batu hanya jatuh di sekitar kawah. PVMBG merekomendasikan jarak aman pada radius 2,5 kilometer dari bibir kawah dan status Gunung Bromo, masih pada level tiga atau siaga.

“Hujan mengakibatkan tekanan tinggi dan lontaran material semakin jauh,” kata kepala Tim Ketanggap Daruratan PVMBG, Iing Supandi.

PVMBG mengimbau, daerah lautan pasir benar-benar steril dari aktivitas warga maupun wisatawan karena material kerikil dan batu yang keluar dari hasil aktivitas Gunung Bromo sangat berbahaya.

Berdasarkan hasil dari pantauan instrumen seperti seismograf, tilt meter, gunung ini masih memiliki energi dan tekanan yang kuat. Faktor  hujan juga berpengaruh pada kuatnya tekanan gunung ini. Jenis erupsi Gunung Bromo bersifat freatik dan vulkano, sehingga material yang dikeluarkan berupa abu vulkanik dan sesekali material kerikil dan batu. 


Posted by : 



0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!